Sabtu, 23 Juni 2012

Studying Abroad. Why not? (England)



Halo halo :)

:D
Saya akan melanjutkan postingan saya tentang studying abroad yang bersambung. Di beberapa postingan sebelumnya saya telah mengulas tentang pendidikan di Canada dan Australia. And now is the time to tell you all about studying in England.

CHECK IT OUT!!!



At first, I believe you all have known about this great country.. Yup. Inggris. Negara yang identik dengan Big Ben-nya ini, ternyata menyimpan sejuta hal mengagumkan mengenai hal pendidikan. Tahu Oxford University?? Tahu Cambridge University juga??? yeeeppp.. Those are some of the best university in the world where is located in the United Kingdom... 
Hmmm.. kalau sudah berbicara mengenai level dunia, pastinya kualitas pendidikan di universitas tersebut tidak diragukan lagi.

                                                                              
Dan satu hal yang perlu kamu tahu nih, One thing that you need to know is :
Perpaduan budaya tradisional Inggris dengan gaya hidup kosmopolitan menjadikan Inggris sebagai salah satu tujuan populer mahasiswa internasional. Kualitas pendidikannya yang tinggi menjanjikan pengalaman kuliah yang sempurna bagi mahasiswa internasional. Setiap tahunnya ada sekitar 240.000 mahasiswa internasional yang kuliah di Inggris.
Wooooowwww.. is that awh-may-zeeng??? hahaha yes that is so amazing.. Jadi, kalau mau kuliah di Inggris tentunya harus punya kepintaran yang diatas rata-rata ya.. Kalau pas-pasan sih mungkin bakal ditendang langsung sama saingan yang mencapai angka 240.000 itu.. Hahah.. just joking :D
There are so much more opportunity if you wanna study hard and keep trying..
Dan di Indonesia sendiri, Inggris menjadi salah satu negara destinasi studi bagi pelajar asal Indonesia. Education Manager British Council, Andrias Susilo mengatakan, minat untuk sekolah ke Inggris cukup tinggi. Sekitar 12- 15 persen siswa Indonesia menjadikan Inggris sebagai negara tujuan studi. Tuh kan, Inggris juga populer di mata pelajar-pelajar Indonesia :) *termasuk saya*

 

Halangan dan rintangan mungkin akan selalu menyertai semua usaha, itulah hukum alam yang masih berlaku hingga kini. Namun tekad dan usaha yang kuat akan merubuhkan halangan dan rintangan yang menghadang :D ehehehe *sok bijak*

But in reality, it all will come to you to test how much desire and effort that you did.


Belajar di inggris tentu saja tidak mudah, apalagi mengenai hal finansial yang tergolong mahal. Namun jika dibandingkan dengan Australia yang notabennya lebih dekat dengan Indonesia, biaya pendidikan dan biaya hidup Inggris tergolong lebih murah karena kurs rupiah lebih menguat di Inggris..

Namun sebelum menginjakkan kaki di The Black Country tersebut, tentunya kita harus menentukan dulu dimana kita akan tinggal.. Tidak lucu dong ya kalau sudah menapakkan kaki di Inggris, lalau bingung mau kemana.. Wooooaaaa that's the problem.. :o Tempat tinggal akan menunjang kinerja otak loh, makanya harus pintar-pintar memilih tampat tinggal. Apalagi di negara yang jauh semacam Inggris ini.

But don't worry guys, I'll give you the solutions:



1. HOMESTAY (also called Host-Family)
    Tinggal bersama keluarga setempat adalah jenis yang paling diperlukan akomodasi, dan juga dianggap sebagai cara terbaik untuk mengalami budaya Inggris dan berlatih bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Dalam keluarga homestay Anda dapat memiliki kamar sendiri atau berbagi dengan siswa lain dari jenis kelamin yang sama. Anda akan memiliki penggunaan semua fasilitas penting termasuk dapur & kamar mandi (kecuali jika Anda meminta kamar mandi pribadi dengan biaya tambahan). Anda dapat memilih untuk sarapan saja, sarapan dan makan malam setiap hari, atau tidak makan (pilihan diri katering, yang berarti bahwa Anda harus membeli dan memasak makanan sendiri). Anda biasanya akan tinggal dengan keluarga angkat yang sama untuk masa tinggal Anda.
                                                                                        
2. Residences
    Jika Anda ingin memiliki kemerdekaan Anda sendiri dan hidup dengan siswa lain dari sekolah yang sama dan kadang-kadang dengan mahasiswa lokal, ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Anda dapat memilih untuk memiliki satu atau ruangan bersama dengan siswa lain dari jenis kelamin yang sama. Beberapa perumahan memiliki kantin tempat makan disediakan. Jika tidak, Anda harus berbagi dapur. Anda juga harus berbagi kamar mandi dengan siswa berjenis kelamin sama, kecuali jika Anda meminta kamar mandi pribadi dengan biaya tambahan.
                                                                                      
3. Flatshares
    Jika Anda lebih suka memiliki kemerdekaan sendiri atau lebih suka memasak untuk diri sendiri dan tetap nyaman, maka flatshare mahasiswa bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Pilihan ini berarti Anda akan berbagi datar independen dengan siswa lain dari sekolah Anda. Anda dapat memilih untuk memiliki satu atau ruangan bersama dengan siswa lain dari jenis kelamin yang sama. Dapur dan kamar mandi bersama.

4. Hotel (atau Bed & Breakfast)
    Anda dapat memilih untuk tinggal di hotel atau Breakfast B & jika Anda memerlukan lebih banyak privasi dan akomodasi yang lebih nyaman. Bed & Breakfast adalah milik swasta (biasanya tidak banyak kamar per B & B) dan menawarkan layanan yang lebih pribadi.

So, which one would you choose?? http://tora-dora.org/emoticon/Dmoticon/lion_icon_animated_5.gif

Tapiiii.. But don't forget the money.. Uang yang dikelurkan itu tidaklah sedikit.. Saya kasih deh sedikit info tentang biaya yang kira-kira diperlukan..

Perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris per tahun adalah sbb:

Uang kuliah £ 4,500 - 15,000

Tinggal & makan £ 5,000 -  8,000

Uang saku £ 2,500 -  3,000

Buku-buku £ 500 -  1,000

Total £ 12,500 - 27,000

Anggaran biaya untuk sekolah bahasa beserta biaya hidup di Inggris adalah sekitar : £: 1,500 - 2,000/ bulan.
Jika dikalikan dengan kurs nilai tukar mata uang 1 pound = Rp 14.700,00 Oh My GOD... Ya Tuhan.. bisa sampai 2 milyar setahun,, memang biaya yang sangat mahal ya.. huhuhuuu..


Tapi bagi yang menginginkan beasiswa, tentu Inggris juga akan memberikan beasiswa untuk siswa-siswa Internasional, beberapa sekolah yang memberi beasiswa:

     Cardiff University di Inggris menawarkan program beasiswa s1, s2, dan s3 untuk mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia. Pendaftaran dibuka hingga 15 Juli 2012 dan perkuliahan akan dimulai pada bulan September 2012.
                                              
    Depkominfo menawarkan beasiswa bagi PNS dan masyarakat umum untuk mengikuti beasiswa luar negeri program pendidikan S2 di perguruan tinggi di Belanda, Australia, Swedia, dan Inggris yang telah ditetapkan Kementerian Kominfo.
                                                                      
     United Kingdom – University of Sheffield telah membangun hubungan yang lama dengan Indonesia dan telah menerima siswa asal Indonesia beberapa dasawarsa. Siswa Indonesia pertama lulusan Sheffield diketahui pada tahun 1966 dan kami sangat senang Anda tertarik dalam mengikuti tradisi itu.
                                                                                                
     Tertarik kuliah di Inggris? Salah satu universitas terkemuka di UK, Universitas Nottingham, menawarkan program beasiswa penuh untuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia, Jordan, atau Syria. Beasiswa ini mencakup uang masuk, biaya hidup, tiket pesawat dan lainnya.
                                                                                                                          
     Beasiswa Chevening merupakan beasiswa dari pemerintah Inggris (UK) yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan dikelola oleh British Council. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa pascasarjana dari berbagai negara di dunia termasuk diantaranya Indonesia. Mereka yang terpilih akan menempuh studi di Inggris.
                                                                                                                                                         
     Sampoerna Foundation menawarkan bantuan beasiswa program MBA untuk kuliah di luar negeri pada salah satu perguruan tinggi bidang bisnis di Amerika, Inggris, Singapura, atau Perancis.

    Universitas Manchester menawarkan dua beasiswa bagi pelamar yang berasal dari negara berkembang yang berkeinginan untuk melanjutkan kuliah pasca sarjana program satu tahun di Manchester University untuk meraih gelar.
                            
Nahh.. saya juga akan memberitahukan beberapa keuntungan sekolah di Negeri Raja tersebut:

1. Pendidikan Bermutu
    Kualifikasi dari lembaga pendidikan England telah diakui di seluruh dunia. Kualifikasi Anda akan menjadi landasan kokoh untuk membangun karir Anda di masa depan. Kolese, universitas, dan sekolah di England memberikan stimulus dan lingkungan belajar yang menantang untuk mengembangkan potensi diri Anda. Di England terdapat lebih dari 90 universitas dan masih banyak lembaga pendidikan tinggi lainnya. Para alumni internasional lembaga pendidikan di Inggris termasuk para tokoh politik dan pengusaha berpengaruh kuat di dunia.

    Untuk memperoleh gelar sarjana di England dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu tiga tahun dan untuk gelar master (pascasarjana) hanya satu tahun, sementara di kebanyakan negara-negara lain membutuhkan waktu selama empat dan dua tahun. Dengan demikian, Anda dapat bekerja dan menghasilkan uang lebih awal.

2. Lingkungan Belajar yang Kondusif
    Proses pembelajaran di Inggris memberikan Anda kecakapan yang akan dibutuhkan dalam hidup bermasyarakat, karena lingkungan mengajar yang merangsang mahasiswa untuk berpikir secara efektif, kreatif dan mandiri. Para ilmuwan dan institusi pendidikan di Inggris telah meraih hampir 100 Hadiah Nobel untuk prestasi ilmiah mereka. England  juga terkenal dalam membina bakat kreatif dan merupakan tempat penuh inspirasi untuk belajar.

   Kemampuan berbahasa Inggris adalah sangat penting bagi kemajuan karir Anda. Para mahasiswa dianjurkan untuk membaca secara luas, bertanya dan menganalisis apa yang telah dibaca, mendiskusikan secara terbuka gagasan-gagasannya dalam seminar dan tutorial, dan membenamkan diri dalam bahasa Inggris. Anda akan menyelesaikan pendidikan dengan kemampuan menyeluruh tentang bahasa dan budaya Inggris.

Mengenai kerja part-time saya belum mendapat infonya.. Tapi info-info diatas semoga dapat membantu.. :)

SEE YA AT THE NEXT POST :DDDDD

Sumber:
http://www.hotcourses.co.id/study-in-the-uk/study-guides/why-study-in-the-uk/
http://infobeasiswa.org/category/beasiswa_luar_negeri/inggris
http://in.coinmill.com/GBP_IDR.html
http://www.audioenglish.net/
http://tora-dora.org/emoticon/default6.aspx

1 komentar:

  1. Hello Afifa Nurul..
    Nice post :)
    Saya ingin tanya, adakah syarat-syarat khusus agar bisa dengan mudah mendpatakna beasiswa ke Inggris, ? misalkan seperti IPK atau pengalaman organisasi ?

    BalasHapus