Selasa, 07 Februari 2012

Studying Abroad. Why not? (Australia)




howdyyy fellas.. I am back again..

Saya akan melanjutkan postingan saya mengenai Studying Abroad. Seperti yang telah saya tuliskan di postingan lalu, ada tiga negara tujuan saya untuk bersekolah di luar negeri, yaitu Kanada, Australia, dan Inggris.
Di postingan ini saya akan menulis tentang Australia.


AUSTRALIA.. Do you guys know about this kangaroo country? I guys yes!
As we know that Australia is the smallest continent in the world. This is the most southerly BritishCommonwealth countries which has kangaroo as a symbol of this country.
Mengapa saya memilih Australia sebagai destinasi kedua saya??
WHY??

Baiklah saya akan menjabarkan sedikit tentang kecintaan saya dengan negara berbahasa inggris ini. Yaa.. saya sangat menyukai tentang bahasa inggris dan sesuatu yang berhubungan dengan itu. Contohnya adalah negara luar yang menggunakan bahasa inggris, negara-negara tersebut mempunyai sistem pemerintahan yang sangat bagus, masyarakat yang sangat toleran, serta daya pikir masyarakat yang sangat mengagumkan. Itu hanya beberapa ulasan menurut saya. Setiap orang pasti mempunya penilaian yang berbeda-beda mengenai hal tersebut.


Masyarakat Australia terhitung masyarakat yang ramah. Tentu untuk kenyamanan kita harus pandai memilih negara yang akan menjadi destinasi kita. Kenyamanan tentu sangat penting bukan? Tentu saja untuk menunjang otak kita supaya lebih nyaman. Bayangkan saja kalau negara yang kita singgahi adalah negara berpenduduk cuek atau acuh, tentu saja kita tidak akan nyaman untuk tinggal disana bukan?
Nah, maka dari itu pilihlah negara-negara berpenduduk ramah ;)

Tujuan Pendidikan di Australia


Sebelum mengetahui sistem pendidikan di Australia, lebih baik mengetahui tentang tujuan pendidikan di negara tersebut. Dengan tujuan pendidikan yang bagus yaitu untuk mengembangkan antara pelayana kebutuhan dengan kebutuhan masyarakat, sistem pendidikan di negara ini pada tingkat sekolah adalah mengembangkan potensi murid sebaik mungkin. Nah. itulah yang saya inginkan di sekolah-sekolah di Indonesia, yaitu mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki oleh siswanya.

Mungkin dengan cara memberikan kebebasan kepada muridnya untuk memilih mata pelajaran yang mereka suka, bukan  memberikan puluhan mata pelajaran kepada muridnya dan mengharuskan mereka untuk mendapat nilai yang memuaskan di semua mata pelajaran tersebut. Saya termasuk salah satu diantara siswa yang cenderung tidak nyaman denga sistem pendidikan di Indonesia. Tapi apa boleh buat, jalani dengan semangat saja :)
Just do it enjoy and you will get the best dude!

Kembali ke topik. Di tingkat pendidikan  tinggi (mungkin setingkat universitas atau college), tujuan pendidikannya adalah kebutuhan pendidikan di untuk kepentingan ekonomi serta masyarakat secara umum. Menurut saya, itu berarti mempersiapkan siswa-siswa untuk lebih berpikir positif dan mapan dalam menghadapi masalah ekonomi dan kebutuhan hidup di era globalisasi ini. WOW.. That is so great goal, isn't it?

Dan satu tujuan umum dari pendidikan di Australia.
memberi siswa pemahaman yang mendalam tentang sebuah topik, daripada sekedar mengajarkan kata-kata yang tepat untuk dihafal saat menghadapi ujian. I LOVE THIS !

Metode Pendidikan di Australia

Sebagian besar siswa internasional menganggap gaya pengajaran Australia agak berbeda dengan yang mereka biasa dapatkan. Di Australia, terdapat fokus pada pembelajaran praktis yang mendorong pemikiran yang kreatif dan mandiri, serta debat. Siswa diharapkan mengembangkan sendiri pemikirannya, dan berbagi dengan rekan-rekan siswa dalam kelas, dan partisipasi di kelas ini dapat menjadi bagian untuk penilaian individu.

Hmmm.. Metode yang sangat bertolak belakang dengan sebagian besar pengajar di Indonesia. Kebanyakn pengajar-pengajar di Indonesia meminta siswanya untuk dapat menghapal materi-materi dalam buku panduan, semakin hafal semakin tinggi nilai yang diberikan. Memang itu bagus, namun alangkah lebih baik jika pemahamanlah yang diutamakan. :)
  

Kerja part-time

Seperti halnya di Kanada, siswa diijinkan unutk bekerja part-time maksimal selama 20 jam per minggu. DAn juga siswa diperbolehkan bekerja sesuai keinginan siswa tanpa dibatasi pada saat liburan semester. Hmmm.. selain bisa menambah uang saku, juga bisa bersosialisasi kepada warga-warga Australia bukan??
Namun anggaran yang dikeluarkan unutk seminggunya lumayan merogoh kantong. Dibutuhkan $300 per minggu untuk biaya hidup di luar maupun di kampus.Biaya ini belum termasuk biaya kampus yaitu $400 per semester.. Wow.. mungkin untuk memperingan, kita bisa memilih jalur beasiswa.. I love scholarship.


Universitas-Universitas di Australia
- Universitas Nasional dan teritorial ibukota:
-Universitas di New South Wales:
-Universitas di Victoria:
-Universitas di Australia Barat:
Dan masih banyak lagi daftar universitas di Negara Kangguru tersebut. Untuk yang menginginkan jalur beasiswa, beberapa universitas yang memberikan beasiswa kepada siswa internasional:
  • Universitas La Trobe, Melbourne
  • Australian National University, Canberra
  • Universitas Katolik Australia
Dan masih banyak lagi.. Saya belum mencari informasi lain mengenai besiswa di Australia. Namun saya berharap tulisan abal-abal saya dapat membantu teman-teman untuk menemukan dan menentukan pilihan bersekolah yang tepat.. :)

To be continued..


sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_universitas_di_Australia
http://studydiaustralia.org/?page_id=366
http://www.scribd.com/doc/8583903/Sistem-Pendidikan-Australia

AFIFA

12 komentar:

  1. Asik ya...gua juga pengen tadinya...tapi ga ada biaya, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sih, bang.. aku juga pengen ikut yg beasiswa.. di La Trobe sama ANU banyak loh, bang :D

      Hapus
  2. Wah sebuah impian yang luar biasa sob. Belajar di australia kelihatannya selalu memotivasimu sob. Jangan lupa foto kangurunya ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah iya. walaupun itu cuma sekedar mimpi tapi bisa memotivasi :)
      amin amin. iya sekalian aslinya juga, haha.

      Hapus
  3. aduh rasanya ngiler sekali, gue juga pengen nyobain sekolah di Aussie, tapi kantong ga mendukung, andai gue boker duit hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. uhuhuu iya, gue juga pengen banget u.u
      jalur beasiswa dong, barengan sama gue :D haha

      Hapus
  4. Australia :3. semoga berhasil sist :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehe makasih ya masbro :)
      iya, ayo kalau mau ngikut juga u.u

      Hapus
    2. kaga ah.. pengenya cuman di tanah air sendiri :3

      Hapus
    3. hoalah.. yasudahlah bang ._.

      Hapus
  5. enaknya bisa milih milih sekolaah.. keluar negri lagii

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, engga kok. aku mah juga mimpi begituan. tapi kalo lewat beasiswa nothing is impossible dah :D

      Hapus