Senin, 06 Februari 2012

Studying abroad. Why not?




Hellooo. How are you all ? I hope you fine over there.

Pernah mendengar tentang studying abroad??
Istilah Studying Abroad mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan anak negeri. Yup. Studying Abroad means sekolah di luar negeri (ke luar negeri). Which it means mengenyam pendidikan di negara-negara laian selain negara Indonesia ini.

Saya sendiri bercita-cita untuk melanjutkan sekolah saya ke luar negeri. Mungkin kebanyakan pelajar Indonesia menginginkan hal serupa seperti saya. Itu wajar kan? :D



 Yaa.. Mimpi. Itu mimpi saya. Saya adalah seoarang pemimpi besar yang masih berusaha untuk mewujudkan mimipi saya tersebut  Yes I am a big dreamer! And I always try to reach my dream and will always be. You should try it. A dream can make us to be a better person. Believe it! Mungkin itu salah satu dari sekian banyak mimpi yang saya punya (sekolah di luar neger). Membayangkan berkunjung disana saja mungkin sudah suatu hal yang unbelieveble bagi saya. Apalagi mengenyam pendidikan di sana.

Tentunya sebelum memutusakan untuk belajar di suatu negara asing kita tentu harus mengerti dan tahu tentang negara tersebut. Entah itu dari segi kualitas pendidikan ataupun segi tingkat keamanan kita ketikan tinggal atau menetap di sana. Negara tujuan saya ada tiga yaitu Kanada, Australia, dan Inggris.

But Canada is the country on my top list destination. Kenapa harus Kanada? Why it should be Canada?
Baiklah.. Saya akan menjabarkan sedikit tentang pendidikan di ketiga negara tujuan saya tersebut.
Negara pertama yang ingin saya kunjungi bahkan ingin saya tinggali adalah Kanada. Saya sudah sangat jatuh hati pada negara dengan simbol Daun Mapple tersebut.

Check this out:
1. CANADA
Love this country!

Kanada. Negara yang berada di Benua Amerika ini adalah salah satu negara maju yang merupakan negara dengan kualitas pendidikan terbaik nomor tiga di dunia.
Yup! Canada is one of the top destination country for students in this whole world. How great Canada is...

Setalah saya googling, saya menemukan artikel ini di Wikipedia:

Pendidikan di Kanada disediakan, didanai dan diawasi oleh pemerintah federal, provinsi, dan pemerintah daerah. Pendidikan berada di dalam yurisdiksi pemerintahan provinsi dan kurikulum diawasi oleh pemerintahan provinsi. Pendidikan di Kanada umumnya dibagi pada pendidikan Dasar (Primary School , Public School), kemudian pendidikan Menengah (High School) dan pendidkan tinggi (Universitas, College). Pada setiap provinsi-provinsi terdapat ada dewan sekolah yang mengawasi pelayanan pendidikan dan penyelenggaraan program-program pendidikan. Pendidikan wajib bagi pendudu kanada sampai usia 16 tahun di seluruh provinsi di Kanada, kecuali untuk Ontario dan New Brunswick, di mana usia wajib sampai 18 tahun. Di beberapa provinsi ada beberapa pengecualian untuk tidak wajib meneruskan pendidkan pada umur 14 tahun yang dapat diberikan dalam keadaan tertentu. Kanada mewajibkan sekolah selama 190 hari dalam setahun, secara resmi dimulai dari bulan September (setelah Hari Buruh) sampai akhir bulan Juni (biasanya hari Jumat terakhir bulan, kecuali dalam beberapa kasus di Quebec ketika itu hanya sebelum Juni 24 - provinsi hari libur ).
Ada beberapa keunggulan dari Kanada.. (sumber: mysticalpegasus.blogspot.com) 
  • Kanada merupakan tempat yang aman untuk ditinggali bahkan untuk pendatang sekalipun.
Kenapa?
Karena tingkat kriminalitas dan tindak kejahatan di negara ini tergolong rendah, dan aman untuk para pelajar. Lingkungan yang bersih dan penduduk yang ramah juga sangat mendukung untuk mudah beradaptasi di negara ini.
Saya punya beberapa teman di dunia maya yang berasal dari negara multikulturalisme tersebut. Dan mereka juga memberitahu saya bahwa Kanada adalah sebuah tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi. 
  • Kerja Part-Time.
Kita juga dapat bekerja part-time atau separuh waktu untuk mengisi waktu senggang kita. Pemerintah mengijinkan para pelajar untuk kerja part-time maksimal 20 jam selama seminggu. Hitung-hitung untuk menambah uang saku. Dan juga kita bisa bersosialisasi dengan berbaur dengan masyarakat melalui media kerja part-time. I love this!

  • Multikulturalisme 
 Banyaknya penduduk dunia yang merasakan pendidikan di Kanada membuat negara ini mempunyai banyak sekali kebudayaan yang membaur menjadi satu. Masyarakat yang sangat mengenal toleransi dan cinta damai membuat negara ini menjadi salah satu negara multikulturalisme yang baik selain Amerika Serikat.

  • Teknologi dan Ilmu Pendidikan Terbaik
Sesuai dengan gelarnya sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik ketiga di dunia, negara ini merupakan satu dari beberapa negara yang menghubungkan sekolahnya dengan internet. wow..
Kota yang menjadi destinasi saya adalah Vancouver dan Toronto. Vancouver mendapat gelar sebagai  kota yang paling layak untuk ditinggali. Dengan keindahan alam yang masih terawat, dan lingkungan nyaman Vancouver menjadi kota utama yang ingin saya tuju.

  • Beberapa Universitas di Kanada
Setelah saya googling beberapa kali, akhirnya saya menemukan beberapa universitas di Kanada, terutam yang memberikan beasiswa bagi siswa asing (non-canadian).
1. Beberapa universitas terkenal di Kanada:
2. Universitas di provinsi British Columbia:
3. Universitas di Ontario:
4. Beberapa universitas yang memberikan beasiswa:
-Jurusan bahasa:
Malaspina English Language Program
Niagara College
Vancouver English Centre
Vancouver Community College

-Sarjana dan penghargaan:
Thompson Rivers University
Trent University
University of Alberta
University of British Columbia
University of Calgary
University of Lethbridge
University of Manitoba
University of New Brunswick
University of Ontario Institute of Technology
University of Prince Edward Island
University of Regina

Dan masih banyak lagi universitas di Kanada, saya hanya menuliskan universitas yang berada di daerah British Columbia dan Ontario atau Toronto saja. Unutk informasi yang lebih detail dapat di lihat disini .
Nah, tunggu apalagi? Tuntutlah ilmu sampai ke Canada ;) Soal biaya? Banyak tersedia beasiswa untuk pelajar kurang mampu. Ayo raih beasiswa ke Canada bersama saya.

To be continued..

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_universitas_di_Kanada
http://www.pusatinfobeasiswa.com/Beasiswa-Kanada-International-Students.htm
http://mysticalpegasus.blogspot.com/2011/03/study-in-canada-why-not.html


AFIFA

4 komentar:

  1. semoga mimpinya terwujud ya ke kanada...

    pasti ada jalan jangan menyerah..

    BalasHapus
  2. wah kapan ya bisa kesana =( informasinya keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang uzay@ kapan-kapan bisa pasti, bang :D
      makasi makasi..

      Hapus